Sunday, September 15, 2019

soal latihan marketing kelas x bdp

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan 
    dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan

2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
    a. Measurable
    b. subtantial 
    c. Accesible
    d. Diferentiable
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
    a. Preferensi Pelanggan 
    b. Sensitifitas harga
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi 
    tersebut berikan contohnya.

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan 
    a. Demografis
    b. Geografis

5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.



======== Selamat Mengerjakan =========


JAWABAN :


1.  Segmentasi pasar adalah pengalompokan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen , dimana setiap kelompok (bagian) dapat dipilih sebagai pasar yang dituju ( ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk.

     TUJUAN SEGMENTASI 
- pasar lebih mudah dibedakan 
- pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik 
- strategi pemasaran menjadi lebih mengarah 
-menganalisi pasar
- menentukan ceruk peluang 
- menguasai posisi yang suiperior dan kompetitik
- menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien 


2.
-
Measurable (Terukur) = harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan dalam segmen ini).
 -ubstantial (Substansial) = tingkat keleluasaan segmen pasar dan menyajikan keuntungan jika dilayani
-ccessibility = segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secasra efectif
-iferentabel (dapat dibedakan) = perbedaan segmentasi pasar harus didefinisikan dengan jelas sehingga kampanye produk dan alat pemasaran dilaksanakan tidak tumpang tindih 

3. - preferensi pelanggan 
seperti baham makanan, misalnya , merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia 
- sensitivitas harga
diluar penghasila, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk. misalnya konsumen iphone yang memiliki smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang cukup mahal, namun tidak bagi para penata produk apple yang tahu kelebihannya 

4. - Demografis 
seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, agama dan etnis. misalnya produk asuransi untu menula 
- Geografis ( pasar dibagi menurut tempatnya )

5. Segmentasi pasar = pengelompokan pasar menjadi berkelompok yang homogen dimana setiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar dituju dan analisa pasar untuk membantu management mendefinisikan siapa saja yang akan menggerogoti pasar produknya.




No comments:

Post a Comment

soal latihan marketing kelas x bdp

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan      dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan 2. Dalam melakukan segmentas...